Cinta Segitiga Merah Muda

LINIMASA

Suatu hari seorang teman bertanya, “Kalo kamu memergoki pacar atau pasanganmu tidur dengan cewek lain apa reaksimu?” Saya sempat tertegun. Harus ngapain ya? Apa harus marah? Kaget? Cemburu buta? Banting pintu lalu pergi? Atau ikut gabung? Yang terakhir terlihat menarik. Tapi itu sepertinya tidak akan terjadi. Setidaknya pada saat itu. Entah kalo di lain hari. Lain cerita kalau pertanyaannya bagaimana kalau dia tidur dengan pria lain. Jawaban apapun sepertinya masuk akal. Tetapi kalau emosi yang dikedepankan maka penyesalan yang akan menghampiri kemudian.

Lesbos adalah pulau terbesar ketiga di Yunani. Dekat dengan Turki, terpisah oleh Selat Mytilini. Dulu, sekitar rentang 700 – 600 SM–tidak ada angka yang pasti–di pulau ini tinggal seorang penyair perempuan bernama Sappho. Tulisan/liriknya sangat indah, puitis, namun sarat dengan muatan homoerotica.

Sappho and Erinna in a Garden at MytileneSappho and Erinna in a Garden at Mytilene

Tulisannya fokus terhadap keindahan wanita. Kecintaannya terhadap wanita. Sappho mungkin wanita pertama yang terekam sejarah yang memproklamirkan dirinya sebagai lesbian…

View original post 205 more words

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s