The Cardigans Jakarta: Beyond Expectation

Konser The Cardigans di Jakarta tanggal 14 adalah satu-satunya konser yang diadakan di Asia Tenggara. Bahkan di Australia pun mereka tidak pentas. Jadi ini adalah kesempatan yang langka. Kecuali kalo kamu punya uang lebih untuk pergi ke Jepang dan nonton mereka manggung bersama band brengsek lainnya.

The Cardigans adalah salah satu band dengan vokalis wanita yang saya rasa cukup bertanggung jawab akan lahirnya band-band bervokalis wanita di Indonesia. Tanpa menafikan nama The Cranberries dan band lainnya.

Rangkaian tur ini mengawali kiprah mereka setelah lama beristirahat, dan Jakarta adalah salah satu kota yang dikunjunginya. Terakhir mereka melakukan tur yaitu tahun 2006 tidak lama setelah mereka mengeluarkan album studio terakhir mereka, Super Extra Gravity.

Namun yang menarik dari tur ini adalah mereka namai Gran Turismo Tour. Kenapa menarik? Album Gran Turismo adalah album yang menurut saya tingkat kesulitannya paling tinggi jika dibawakan secara live. Mungkin menyamai album Kid A dari Radiohead. Walaupun album favorit saya itu Long Gone Before Daylight.

Awal saya agak skeptis, apakah mereka akan membawakan lagu-lagunya dengan sempurna mengingat Tennis Indoor Senayan dari segi akustik itu kurang layak untuk venue konser. Tapi ternyata saya salah. Mereka membawakan semua lagunya baik. Rapih. Hampir tanpa cela. Nyaris sempurna. Saya yakin saya tidak sendiri dalam hal ini. Permainan gitar dari Oscar Humlebo aka Moto Boy juga berhasil menutupi dari absennya Peter Svensson sebagai lead guitarist dari The Cardigans. Sampai artikel ini ditulis saya belum mengetahui alasan tidak hadirnya dia.

Sayapun yakin The Cardigans pun merasa kaget dengan penonton dari Indonesia yang rata-rata hapal dengan lagunya. Walaupun hanya bagian reff-nya saja. Rasa rindu mereka terhadap Nina Persson dkk seakan terbayar pada malam itu. Tanggal 14 Agustus 2012.

Dari segi tata suara maupun tata cahaya. The Cardigans sangat mempersiapkan dengan baik penampilannya. Namun puncak dari konser pada malam itu adalah ketika lagu Rise and Shine dibawakan. Semua penonton bernyanyi bersama. Lagu yang khusus dibawakan untuk penonton Indonesia saja. Mereka belum pernah membawakan lagu itu sejak tahun 2006. Indonesia adalah tempat yang spesial bagi The Cardigans.

Berikut adalah lagu-lagu yang dibawakan The Cardigans di Tennis Indoor Senayan Jakarta, 14 Agustus 2012.

  1. Nil Best Of
  2. Encore:
  3. (Premiere: First time since 2006)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s