Oscar 2012: Pesta Nostalgia

Untuk ke 84 kalinya perhelatan Academy Awards atau lebih populer disebut Oscar pada tahun ini akan digelar. Ada yang menarik dari perayaan Oscar tahun ini yaitu ini adalah perayaan film-film dengan setting masa lalu. Perlu bukti? Berikut daftarnya:

The Artist: Hollywood tahun 1920an, film hitam putih, tanpa dialog. 11 nominasi.

Hugo: Paris tahun 1930an. 10 nominasi.

Midnight In Paris: Paris tahun 1920an

Iron Lady: Inggris 1980an

Tree of Life: Seattle 1950an

The Help: Amerika awal 1960an.

Bahkan kita akan melihat pembawa acara dari masa lalu. Ya betul. Billy Crystal telah kembali. Untuk kesembilan kalinya. Walaupun saya lebih menyukai Chris Rock. Kepada James Franco dan Anne Hathaway, silakan melipir.

Konon interior dari Hollywood & Highland Center Theatre (dahulu Kodak Theater), tempat perhelatan dari Academy Awards digelar akan menjadi Timeless Movie Theatre. Karena besok adalah harinya The Artist dan Hugo. Tidak akan ada banyak kejutan.

Bukan pertama kalinya AMPAS (Academy of Motion Picture Arts and Science) melakukan hal seperti ini. Mungkin ada kecenderungan tren atau entahlah saya juga kurang mengerti. Walaupun tidak terlalu kentara secara kasat mata, anda mungkin masih ingat pada perhelatan Oscar pada tahun 2002. Kita mempunyai Denzel Washington (Aktor Terbaik – Training Day), Halle Berry (Aktris Terbaik – Monster’s Ball), dan Sydney Poitier yang diganjar Honorary Award oleh AMPAS karena kontribusinya di dunia film. Mereka semua kulit hitam. Oh, apakah saya akan di-Suarezkan?🙂

Berikut ini adalah prediksi amatir saya mengenai siapa yang akan meraih Oscar yang akan digelar Senin pagi tanggal 27 Februari 2012.

Best Picture 

The Artist 
The Descendants
Extremely Loud and Incredibly Close
The Help
Hugo
Midnight in Paris
Moneyball
The Tree of Life
War Horse

Saya yakin film ini yang akan mendapatkan piala terbanyak tahun ini. Kenapa saya yakin dengan film ini akan memenangkan Oscar di kategori film terbaik karena tema yang orisinil yaitu film bisu dan sekaligus hitam putih pertama di abad 21 yang mendapatkan piala Oscar.

Best Actor

Demian BichirA Better Life
George Clooney, The Descendants
Jean Dujardin, The Artist 
Gary OldmanTinker Tailor Soldier Spy
Brad Pitt, Moneyball

Kalaupun George Clooney yang mendapatkan Oscar tidak terlalu mengejutkan karena dia adalah aktor kesayangan Hollywood. Tapi tahun ini adalah tahunnya Jean Dujardin. Dia sudah mendapatkan penghargaan di berbagai festival bergengsi. Untuk memerankan karakter di film bisu itu bukan hal yang mudah. Dujardin berhasil. The next big thing.

Actor in a Supporting Role

Kenneth BranaghMy Week With Marilyn
Jonah Hill, Moneyball
Nick NolteWarrior 
Christopher PlummerBeginners
Max von Sydow, Extremely Loud and Incredibly Close

Seorang ayah yang dibenci kedua anaknya. Begitu natural (karena mungkin dia juga punya masalah dengan alkohol di kehidupan nyatanya?) Ingatkah anda ketika dia berada di kamar hotel dengan earphone dan mabuk berat? Lalu Tommy pun mengalah dan menemaninya sampai sang bapak tertidur di pelukannya. Itu mungkin salah satu bagian terbaik dari akting Nick Nolte di film Warrior. Lagu About Today dari The National juga sangat membantu untuk menghayati film ini.

Actress in a Leading Role

Glenn CloseAlbert Nobbs
Viola Davis, The Help
Rooney MaraThe Girl With the Dragon Tattoo
Meryl StreepThe Iron Lady 
Michelle Williams, My Week with Marilyn

Nilai plus kenapa saya pilih Meryl Streep adalah karena dia bukan orang Inggris Raya. Seingat saya ini adalah kedua belas kalinya beliau dinominasikan dengan dua Piala Oscar yang didapat. Yang paling saya ingat dari akting dia adalah ketika dia dihadapkan pada suatu pilihan apakah harus menyerang kepulauan Malvinas atau tidak. Kita tahu jawaban dari sang Iron Lady adalah “SINK IT!” Juara!

Actress in a Supporting Role

Berenice Bejo, The Artist
Jessica Chastain, The Help
Melissa McCarthy, “Bridesmaids
Janet McTeer, Albert Nobbs
Octavia Spencer, The Help


AMPAS sangat menyukai peran dan film yang ‘biasa’ saja. Bujet rendah. Apalagi kalo sudah menyinggung isu rasialisme. Masih ingat film Crash? Atau Sandra Bullock di film The Blindside?

Directing

Michel Hazanavicius, The Artist
Alexander Payne, The Descendants
Martin Scorsese, Hugo 
Woody Allen, Midnight in Paris
Terrence Malick, The Tree of Life

Ini pilihan paling sulit buat saya karena saingan terberatnya yaitu Michel Hazanavicius. Setelah mendapatkan Oscar pertamanya di film The Departed walau sudah berkali-kali dinominasikan. Ini juga adalah film pertama 3D dari Martin Scorsese yang terbiasa dengan film mafia dan gangster. Saya prediksi dia akan mendapatkan Oscar keduanya tahun ini setelah sebelumnya diganjar penghargaan yang sama di Golden Globe.

Animated Feature Film

A Cat in Paris
Chico & Rita
Kung Fu Panda 2
Puss In Boots
Rango 


Mungkin ini adalah film animasi yang paling banyak menerima penghargaan dalam sepuluh tahun terakhir. Rango sudah meraih penghargaan sebagai film animasi terbaik di berbagai ajang festival film bergengsi diantaranya: BAFTA, Boston Society of Film Critics Award, Boston Film Critics of Association Awards, Hollywood Film Festival, Alliance of Women Film Journalists. Jadi kenapa anda masih meragukannya?

Cinematography

The Artist
The Girl With the Dragon Tattoo
Hugo
The Tree of Life 
War Horse

Mata anda akan dimanjakan dengan suguhan visual yang menakjubkan dari film garapan Terrence Malick walau ceritanya memang buat dahi saya berkerut. Memerlukan konsentrasi tinggi untuk memahami film ini dan saya sampai sekarang belum begitu mengerti.🙂

Music (Original Score)

The Adventures of Tintin
The Artist 
Hugo
Tinker Tailor Soldier Spy
War Horse

Ketika anda membuat film bisu dan tanpa dialog maka anda akan memanfaatkan musik sebagai kekuatan utama dalam film anda. Tentunya akting dari para pemainnya pun menjadi penting.

Visual Effects

Harry Potter and the Deathly Hallows Part 2
Hugo
Real Steel
Rise of the Planet of the Apes 
Transformers: Dark of the Moon

Apakah anda bisa membedakan bahwa itu adalah manusia yang memerankan The Apes?

Writing (Adapted Screenplay)

The Descendants, Screenplay by Alexander Payne and Nat Faxon & Jim Rash
Hugo, Screenplay by John Logan 
The Ides of March, Screenplay by George Clooney & Grant Heslov and Beau Willimon
Moneyball, Screenplay by Steven Zaillian and Aaron SorkinStory by Stan Chervin
Tinker Tailor Soldier Spy, Screenplay by Bridget O’Connor & Peter Straughan

Film ini diadaptasi dari novel karya Brian Selznick dengan judul The Invention of Hugo Cabret. Penulis skenario film ini adalah John Logan. Ini bukan kali pertama John Logan bekerja sama dengan Scorsese. Sebelumnya mereka pernah bekerja sama di film The Aviator. John Logan juga merupakan penulis skenario yang berpengalaman dan banyak bekerjasama dengan sineas kawakan. Beberapa skenario film lain yang ditulis John Logan diantaranya adalah Gladiator, The Last Samurai, Sweeney Todd, Rango.

Writing (Original Screenplay)

The Artist, Written by Michel Hazanavicius
Bridesmaids, Written by Annie Mumolo & Kristen Wiig
Margin Call, Written by J.C. Chandor
Midnight in Paris, Written by Woody Allen 
A Separation, Written by Asghar Farhadi

Bayangkan apa yang ada di pikiran Woody Allen sampai tega dia menggabungkan Picasso, Hemmingway, Cole Porter, Dali, Fitzgerald bersaudara dan Man Ray dalam satu film dan satu kota. Kota Paris tahun 1920an yang katanya adalah era terbaik dari kota Paris. Entahlah saya tidak berada disana pada tahun itu.

Itu adalah sebagian dari prediksi dan pandangan saya mengenai perhelatan Academy Awards tahun ini. Ada banyak nominasi lain yang belum saya sampaikan. Karena keterbatasan waktu dan keterbatasan wawasan saya mengenai dunia perfilman maka hanya nominasi diatas yang bisa saya berikan. Semoga tercerahkan!

One movie a day keeps the flu away! 

Salam, @agunsux

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s